Sabtu, 25 Juni 2016

membuat aksesoris dari kain perca

Kain perca sisa bahan baju, khususnya untuk busana gaun dengan bahan  organza  atau  tule, terkadang tidak diman faatkan lagi dan dibuang begitu saja. Padahal jika dimanfaatkan   dan   dikreasikan dengan baik dapat menjadi produk cantik dan bernilai.
Seperti yang dilakukan oleh Cheryl  Candra,  desainer baju anak-anak ini me manfaatkan  kain  perca  dari proses   pembuatan   baju anak-anak  untuk  diubah menjadi aksesori.
Walaupun dari kain perca akan tetapi tampak cantik dan menarik karena di kreasikan  dengan  bahan  lain dan dengan teknik khusus. Hasilnya,  head  piece  atau aksesori kepala cantik berbagai  macam  bentuk  yang dapat  menjadi  pelengkap busana.  Seperti  bandana, sirkam,  penjepit  rambut, ikat kepala hingga topi yang tampak cantik dan menyempurnakan penampilan.
“Awalnya   dulu   belum kepikiran  kain  perca  mau diapakan,  jadi  banyak  dibuangnya.  Namun,  lama- lama  sayang  juga  masih bagus dan cukup lebar untuk dibuat barang-barang kecil. Akhirnya,  saya  mencoba untuk  dibuat  head  piece,” terang  dia  di  butik  Cheryl Kids  Fashion  di  kawasan Lidah, Jumat (24/6).
Di jelaskan Cheryl, bahan- bahan yang digunakan un tuk kreasi  head  piece  tersebut seperti  kain,  mutiara,  swarowski, pita, renda, kain horse hair,  dan  beberapa  barang penunjang  seperti  kawat, penjepit,   lem,   dan   lain sebagainya. Tidak ada patokan  dalam  pembuatan  bentuk, Cheryl hanya berkreasi sesuai dengan kreativitasnya dan modifikasi bahan. http://harga.web.id/bni-internet-banking-solusi-kemudahan-transaksi-perbankan-untuk-nasabah-bank-bni-kapanpun-dimanapun.info
“Cara  membuatnya  mudah, awalnya saya buat seder hana, namun lama kelamaan  semakin  terasah  kemam puan saya,” ujarnya. Dengan bahan dasar kain perca tersebut, Cheryl mampu mengurangi pembuangan sampah dan mengkreasikan menjadi lebih bernilai. Untuk beberapa teknik yang sudah di kembangkan seperti penggunaan  lilin  khusus  untuk merangkai  bahan  sehingga memberi efek keras.  Proses bordir   juga   dilakukan untuk mem pertegas bentuk yang  ingin  di tampilkan dan menjadi lebih kuat dan tahan lama.

sumber: radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar