Sabtu, 25 Juni 2016

Harga gula di surabaya tergolong tinggi

SURABAYA – Dinas Perdagangan Kota Surabaya mengung kapkan saat ini masih terda pat stok gula sekitar 80-100 ton dengan harga lama, yakni Rp  14.750  ribu  per  kilo gram (kg). Stok tersebut tersimpan di lima   gudang   penyimpanan gula, yakni Romokalisari, Kenjeran,  Gununganyar,  Wonokromo, dan di Wiyung. “Kelima gudang ini masih mematok  harga  lama  sekitar  Rp 14.700  per  kg.  Sehingga  para pedagang akan menjual lagi ke masyarakat  dengan  kisaran harga antara Rp 15.500-16.000 per kg,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Widodo Suryantoro  seusai  membuka Bazar  Murah  di  Kecamatan Tegalsari, Jumat (24/6).
Menurut Widodo, faktor ini lah yang dinilai menjadi salah satu penyebab harga gula di pasaran yang hingga kini masih tinggi. Selain itu, masa panen gula yang akan jatuh pada akhir Juni dan Juli mendatang turut mendorong masih tinggi nya harga gula. “Kalau kelangkaan (gula) sebenarnya tidak, tetapi yang ada adalah  kemahalan  harga nya. Karena  itu,  dari  pasar  murah dan  bazar  yang  kami  gelar  ini harga  gula  hanya  sekitar  Rp 13.000 per kg,” tambahnya. Widodo   memaparkan,   jika selama Ramadhan ini, pihaknya telah menggelontorkan sekitar 40 ton  gula  dengan  harga  murah. http://harga.web.id/raih-manfaat-bertumpuk-dari-bank-permata-melalui-layanan-internet-banking-permatanet.info
Gula-gula murah ini telah dia  sebar  di  pemukiman  padat penduduk dan masyarakat berpeng hasilan rendah. Sejauh ini, pihak nya juga terus melakukan pendekatan  terhadap  pengecer agar turun menekan harga murah. “Sejauh ini perhatian kami memang masih di gula tetapi para pengecer sudah berjanji H-7 mereka akan menurunkan harga- harga ter se but,” terang nya. Sedangkan untuk komoditas lain, Widodo menyatakan jika berangsur turun. Misalnya saja harga  telur  yang  sebelumnya Rp  20.000  hingga  Rp  21.000 sudah turun menjadi Rp 18.000.
Diharapkan   minggu   depan sudah  turun  lagi  menjadi  Rp 18.000. Untuk komo ditas dan cabai  telah  turun  sekitar  Rp 2.000 hingga Rp 2.500. Disisi lain, Wali Kota Tri Rismaharini, mengatakan, operasi pasar  dan  bazar  murah  akan terus  dilakukan  hingga  harga dipasaran mulai normal. “Insya Allah cukup ngefek ya, apalagi provinsi juga melakukan operasi pasar,”ujar Risma.

sumber: radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar