Jumat, 01 April 2016

PT INKA Kirim 15 gerbong kereta ke bangladesh

PT Industri Kereta Api (INKA) resmi me­lakukan pengiriman 15 ger­bong penumpang (kereta) ke Bangladesh  di  pelabuhan Terminal Jamrud, Tanjung Perak, kemarin (31/3).

Pengi­riman  tersebut  merupakan kiriman pertama di tahun ini menuju   Bangladesh   dari total 150 kereta yang telah di pesan negara di kawasan Asia Selatan tersebut.

Direktur Utama PT INKA, Agus H Purnomo mengata­kan bahwa pihaknya menargetkan pengiriman bisa ram­pung  sebelum  akhir  2016. Dengan 15 kereta sekali ang­kut, mekanisme pengiriman hanya dilakukan 10 kali ke Bangladesh. “Kami harap se­mua berjalan sesuai rencana dan  bisa  rampung  sebelum 31 Desember 2016,” ujarnya di sela-sela acara, kemarin.http://kereta-api.info/cc-300-lokomotif-kereta-tahan-banjir-yang-diproduksi-oleh-pt-inka-4329.htm
 
Agus mengaku, pesanan ke­reta  penumpang  dari  Bang­ladesh tersebut tak lepas dari keberhasilan    PT    INKA memenangkan  tender  pada November   2014.   Kontrak dengan total nilai USD 73 juta atau  sekitar  Rp  900  miliar tersebut  untuk  pengerjaan 150  unit  kereta  penumpang pesanan Bangladesh.

Dalam proses ekspor kali ini, PT INKA juga bekerjasa­ma dengan Eximbank Indo­nesia melalui skema Natio­nal  Interest  Account (NIA) sebagai pendanaan pengiriman barang ke luar negeri. “Kami  memberikan  pinja­man sebesar Rp 300 miliar ke­pada PT INKA dengan jangka waktu  hingga  31  De sember 2016. Kami harap pinjaman ini  bisa  menjadi multiplier effect kepada  industri  besar dalam  negeri  dan  mampu memperbanyak  penyerapan tenaga kerja,” kata Direktur Utama Exim bank Indonesia Ngalim Sawega.

Dalam kesempatan yang sa­ma,    Menteri    Keuangan Bambang  Brodjonegoro  mengapresiasi kinerja PT INKA yang mampu bersaing di pasar internasional. Ia berharap PT INKA mampu meningkatkan ekspor dari sektor industri yang saat ini masih dikuasai hasil bumi dengan kotribusi ekspor mencapai 60 persen

sumber: radar surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar